Penyakit Diabetes Mellitus

MANXPARGLIDING.COM – Penyakit diabetes sering disebut juga dengan penyakit gula, karena disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang terlampau tinggi. Patokan kadar gula darah normal adalah:

  • Sebelum makan sekitar antara 70-130 mg/dL
  • Dua jam sehabis makan kurang dari 180 mg/dL
  • Pada saat puasa (sekitar 8 jam tidak makan) kurang dari 100 mg/dL
  • Saat akan tidur 100-140 mg/dL

Kelebihan atau kekurangan kadar gula dalam darah akan berbahaya bagi tubuh. Orang yang kekurangan kadar gula dalam darah maka seseorang akan mengalami hipoglikimia (kadar gula di bawah 70 mg/dL), sedangkan jika kelebihan akan mengalami hiperglikimia (kadar gula lebih dari 200 mg/dL).

Kadar gula dalam darah dapat diturunkan dengan beberapa langkah alami, diantaranya:

  1. Mengkonsumsi bawah putih

Dalam bawang putih mengandung zat sulfoxide yang kandungannya dapat meningkatkan kepekaan insulin dan membatu dalam penyembuhan infeksi. Selain itu bawang putih juga mengandung allicin dan allyl propyl disulphide yang dapat menghambat penghentian insulin di hati. Bawang putih yang dikonsumsi rutin 3 siung sehari dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

  1. Mengontrol karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat tidak disarankan bagi penderita diabetes, karena karbohidrat merupakan sumber kalori bagi tubuh yang berfungsi sebagai energy, materi pembangun dan menjaga kesimbangan antara asam dan basa. Seyogyanya makanan yang mengandung karbohidrat dimakan pada sesi akhir makanan, mendahulukan makan sayur dan telur baru kemudian makanan karbohidrat.

  1. Minum ramuan daun kemangi

Daun yang biasa sebagai lalapan saat makan ternyata bisa digunakan penurun kadar gula darah. Air direbus dengan kemangi dan airnya diminum maka akan dapat menururnkan gula darahh dengan cepat. Kemangi terbukti mampu meningkatkan skresi insulin.

  1. Olahraga teratur

Dengan berolahraga maka seluruh anggota tubuh akan bergerak, dengan demikian sel tub akan lebih sensitive terhadap insulin. dalam referensi lain, olahraga dapat menurunkan gula darah hingga sampai 155 mg/dL

  1. Obat herbal

Obat herbal yang biasa digunakan dalam menurunkan kadar gula darah adalah yang mengandung ekstrak kayu manis, pare, sinodia, dan biji mahoni. Sinodia mampu meningkatkan kerja insulin, sedangkan pare mampu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

  1. Perbanyak menkonsumsi buah dan sayur

Buah yang terbukti dapat menurunkan kadar gula dasar adalah: buah naga, didalamnya mengandung banyak vitamin c sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan kadar gula darah.

  1. Mengatur pola istirahat

Istirahat yang dimaksud disini adalah tidur. Pola tidur sehari 8 jam dengan kualitas tidur yang baik akan menurunkan kadar gula dalam darah. Pasalnya, kurangnya istirahat dapat meningkatkan stress dan meningkatkan kadar gula sampai 23%.