Buah Pantangan untuk Penderita Diabetes

Buah Pantangan untuk Penderita Diabetes, menjadi salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dan diingat. Sebab jika buah pantangan tadi tetap dikonsumsi akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Oleh karena itu jauhilah buah, makanan apapun yang oleh dokter tidak diperkenankan.

Anda semua tau jika sehat itu mahal, oleh karena itu Anda harus menyayangi diri Anda. Pada umumnya terdapat dua jenis diabetes. Pertama adalah diabetes mellitus yang bergantung pada insulin. Kondisi diabetes jenis ini terjadi dimana pankreas tidak lagi berkemampuan untuk menghasilkan hormon insulin. Jenis ini rentan terjadi pada orang dibawah 30 tahun.

Sedangkan jenis kedua adalah diabetes mellitus tanpa bergantung pada insulin.  Permasalahannya bukan lagi pada pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin akan tetapi karena insulin yang diproduksi tidak cukup. Sebab insulin banyak dihisap oleh lemak. Umumnya si penderita adalah orang dewasa berusia lebih dari 30 tahun.

Biasanya penderita diabetes akan mengalami gejala-gejala awal diabetes melitus (dm). Oleh karena itu teliti betul, keluhan apa yang Anda rasakan. Jika condong pada gejala dm segeralah minta bantuan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu penderita dm juga sangat membutuhkan askep dm (ashan keperawatan) yang tepat.

Buah Pantangan Diabetes

 Berdasarkan patofisiologi diabetes melitus pokok tujuan pengobatan adalah untuk menetralkan kembali kadar gula darah. Sehingga penderita akan merasa nyaman kembali serta mencegah terjadinya komplikasi dalam organ tubuh penderita diabetes.

Ketidakstabilan kadar gula darah dalam tubuh lebih banyak disebabkan oleh asupan makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula akan memperburuk kondisi penderita diabetes. Tidak hanya makanan, kita harus selektif terhadap buah-buahan. Berikut adalah buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi penderita dm:

Buah Mangga

Buah ini tidak cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus baik dm tipe 1 maupun dm tipe 2. Sebab buah ini banyak mengandung kadar gula meskipun amat disukai orang asia. Termasuk Indonesia yang mudah ditumbuhi buah ini.

Buah Durian

Penderita diabetes tidak dapat menikmati buah berduri yang legit ini  sebab buah ini kaya akan glukosa. Buah ini juga dikenal sebagai pemicu penyakit hipertensi. Selain itu juga terdapat kandungan alkohol yang sangat membahayakan penderita diabetes.

Buah Nanas

Buah nanas ini tidak hanya dilarang dikonsumsi oleh penderita asam lambung tetapi juga penderita diabetes melitus. Sebab buah nanas sendiri mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Selain itu terkandung pula sukrosa yang membahayakan bagi penderita diabetes.

Buah Sawo

Buah satu ini memiliki rasa yang sangat manis dan  sudah barang tentu kadar gula didalamnya tinggi. Oleh karena itu penderita diabetes dilarang mengkonsumsi buah ini. Pembatasan terhadap buah-buahan ini untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh.

Buah Strawberry

Sama halnya dengan nanas, didalam buah strawberry terkandung sukrosa dan kadar gula yang tinggi. Sehingga buah ini menjadi salah satu diantara buah yang wajib dihindari oleh penderita diabetes.

Buah Alpukat

Buah ini ketika dikonsumsi memang tidak terlalu manis sehingga orang awam mengira bahwa kandungan kadar gula didalamnya rendah. Namun buah ini dapat memberikan dampak buruk bagi penderita diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan.

Itulah beberapa buah pantangan diabetes. Jadi bagi penderita diabetes jangan sesekali mengkonsumsi buah yang telah dsebutkan ya. Konsumsilah buah yang telah dianjurkan oleh dokter. Kalau bukan diri Anda sendiri yang menjaga, lantas siapa. Berkeyakinanlah utuk sembuh dengan meningkatkan pola hidup sehat.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda terkait buah pantangan untuk penderita diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda  dan orang-orang sekitar Anda. Salam sehat dan sampai jumpa.

Karena penyakit diabetes merupakan penyakit yang harus dijauhkan dari makanan atau buah-buahan yang megandung kadar gula tinggi, maka alternatifnya adalah mengkonsumsi nasi jagung dan beras merah. Hal ini dimaksudkan agar kadar gula darah tidak naik. Untuk mendapatkan nasi jagung instan, maka Anda bisa menghubungi contact: 0823-3895-1126 (Telp/Wa)