Ciri Penyakit Diabetes Militus

Ciri penyakit diabetes militus dapat dikenali dengan beberapa gejala, yang paling utama adalah bagi penderita penyakit diabetes militus akan sering mengalami buang air kecil yang disertai dengan kondisi tubuh kurang prima seperti berat badan semakin lama mengalami penurunan.

Penyakit diabetes kebanyakan menyerang orang yang beumur lebih dari 30 tahun karena pola hidup yang tidak sehat serta jarangnya melakukan aktifitas kesehatan seperti olahraga. Akan tetapi, banyaknya anak muda yang kurang memperhatikan kesehatan dan mengonsumsi makanan dan minuman terlalu manis serta kurang sehat juga dapat terserang diabetes militus ini.

Penyakit diabetes militus selain terjangkit pada orang karena mengonsumsi makanan dan minuman yang berkadar gula tinggi juga dapat menyerang keturunan si penderita diabetes. Oleh karena itu, perlu untuk menjaga kesehatan dengan memilih makanan dan minuman yang sehat serta melakukan olahraga agar tubuh menjadi lebih kuat dan sehat.

Penyakit diabetes militus adalah penyakit dengan banyaknya kadar gula darah yang tinggi. Dia yang menderita diabetes, tubuhnya akan tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormone insulin, sehingga insulin yang dihasilkan oleh pankreas akan meningkat yang akan mengakibatkan meningkatnya pula kandungan gula pada darah.

Bagi kaum awam mengenal diabetes militus sebagai penyakit kencing manis. Ada baiknya, Anda melakukan cek darah untuk mengetahui kesehatan Anda, salah satunya kandungan gula pada darah ataupun jenis penyakit lain yang dapat terdeteksi dari darah Anda sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Type, ciri,  dan Pengobatan Diabetes Militus

Secara umum, diabetes dibedakan menjadi 3 menurut penyebabnya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Diabetes Type 1 yang timbul akibat kerusakan organ pankreas, sehingga tugas pankreas yang menyalurkan hormon insulin ke seluruh tubuh menjadi tidak berjalan baik. Sehingga glukosa yang dapat berubah menjadi energi akan mengendap di dalam darah.
  • Diabetes Type 2 timbul karena gaya hidup tidak sehat. Hormon insulin tetap diproduksi dengan baik oleh pankreas, akan tetapi sel di dalam tubuh tidak peka terhadap hormone insulin.
  • Diabetes Militus Gestasional yang hanya menyerang wanita hamil. Apabila wanita tersebut kurang bisa menjaga pola makan dan kesehatan tubuh, maka kemungkinan besar orang tersebut akan mudah untuk terjangkit diabetes militus type 2.

Baik anak-anak, dewasa maupun orang tua dapat terkena peyakit diabetes ini. Oleh karena itu, kita perlu untuk mengetahui ciri diabetes seperti berikut ini:

  • Meningkatnya rasa haus dan lapar
  • Sering buang air kecil, khususnya pada malam hari
  • Mempunyai luka yang lambat pulih dan sering terjadi infeksi
  • Pandangan buram
  • Sering lelah
  • Mengalam mati rasa pada tangan dan kaki serta sering mengalami kesemutan
  • Sering gatal-gatal
  • Berat badan mengalami penurunan

Ciri penyakit diabetes diatas merupakan ciri yang paling umum dialami. Bagi Anda yang mengalami ciri-ciri tersebut, Anda dapat mengecek kadar gula pada darah Anda secara pribadi atau dapat menunjungi klinik atau dokter terdekat untuk dilakukan cek dan penanganan awal.

Sebagai bentuk pengobatan maupun pencegahan terhadap diabetes militus dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Melakukan diet sehat
  • Olahraga secara teratur
  • Mengontrol asupan makanan minuman dan mengurangi konsumsi gula

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai penyakit diabetes. Tetap menjaga kesehatan, kebersihan dan melakukan olahraga secara teratur ya agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan terimakasih.