Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 sering kali diabaikan oleh orang-orang, bahkan dianggap efek kecapekan biasa. Padahal jika dibiarkan begitu saja akan memberikan efek yang membahayakan tubuh Anda bahkan kematian. Oleh karena itu waspadalah terhadap tanda-tanda awal penyakit diabetes melitus ini.

Diabetes merupakan penyakit dimana terjadi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh sementara itu hormon insulin tidak lagi dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan. Akibatnya dapat memicu beberapa penyakit kronis. Penyakit ini bisa menyerang saja dan bukan merupakan penyakit menular lebih disebabkan oleh faktor gaya hidup.

Penyakit jantung, stroke, gagal ginjal dan retinopati diabetes yang mempengaruhi penglihatan mata merupakan komplikasi jangka panjang yang biasanya bisa terjadi karena kadar gula darah tinggi. Penyakit tersebut mengalami peningkatan yang sangat pesat seiring dengan meningkatnya angka kegemukan.

Tipe diabetes yang paling dominan diderita adalah diabetes melitus tipe 2.  Tipe ini ditandai dengan naiknya kadar glukosa darah dalam konteks resistensi insulin (kekebalan terhadap insulin). Sehingga sel tidak bisa menerima gula darah yang akan diolah menjadi energi. Artikel kali ini akan membahas buah apa saja yang bisa dikonsumsi penderita diabetes.

Ragam Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes tiada hal lain yang harus dilakukan untuk mengobati penyakit ini selain memperbaiki dan meningkatkan kualitas pola hidup sehat. Baik dengan memperhatikan asupan makanan, buah dan sayuran. Juga harus diimbangi dengan olahraga secara teratur.

Secara umum penyebab diabetes melitus tipe 2 ini adalah kelebihan berat badan (obesitas) sebab terjadi peningkatan lemak. Hal ini membuat tubuh mengalami resistensi insulin sehingga insulin tidak dapat berfungsi dengan baik. Penyebab lain adalah faktor genetik dimana anggota keluarga memiliki riwaayat medis diabetes.

Sebaiknya kita senantiasa melakukan deteksi dini pada diri sendiri. Jangan sampai menganggap remeh sinyal-sinyal yang telah diberikan tubuh kepada kita. Waspadalah ketika gejala penyakit diabetes melitus muncul. Seperti sering buang air kecil, mudah lapar, mati rasa, penglihatan yang mulai kabur. Lebih baik lakukan cek gula darah secara rutin.

Diabetes tipe 2  merupakan kondisi yang tidak bisa disembuhkan akan tetapi bisa dikontrol. Penderita hanya membutuhkan komitmen untuk menjalankan pola hidup sehat. Makanan menjadi komponen yang menjadi perhatian, butuh pemilahan dan takaran yang pas. Begitu juga dengan buah. Berikut adalah ragam buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes:

Kiwi

Dalam buah kiwi terkandung fruktosa, insitol, rendah lemak fitonutrient, vitamin A dan C yang mana kandungan tersebut daapat membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan.

Plum

Buah ini dapat mengurangi frekuensi sering buang air kecil pada penderita diabetes. Selain itu buah ini memiliki kemampuan mengubah pati menjadi energi serta dapat menjaga gula darah tetap normal.

Apel

Terdapat kandungan indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu mengontrol gula darah.

Melon

Kandungan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah yang mengakibatkaan resistensi insulin.

Pir

Kandungan antosianin dan antioksidan dalam buah pir dapat membantu mengurangi resistensi insulin.

Belimbing

Kandungan lemak dan kalon pada buah ini sangat rendah sehingga cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Itulah beragam buah untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi bahkan dapat membantu mempecepat proses penyembuhan. Sayangi diri Anda, mulailah dengan membiasakan diri gaya hidup sehat.

Makanan yang tidak kalah baiknya untuk penderita diabetes adalah nasi Jagung. Makanan ini terbukti dapat memenuhi asupan gizi penderita diabetes. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menghubungi: 0823-3895-1126 (Telp/Wa)

Sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga  yang kami bagikan bermanfaat. Salam sehat dan sampai jumpa.