Penyakit Gula Darah Apakah Menular?

Penyakit Gula Darah Apakah Menular? sering menjadi pertanyaan yang sering muncul dalam benak orang  awam. Penyakit tersebut memang dapat menjangkit siapa saja. Tidak hanya orang tua bahkan remaja pun juga bisa terjangkit penyakit ini. Kesehatan sungguh erat kaitannya dengan pola hidup keseharian kita.

Penyakit gula darah (diabetes mellitus) merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh yang disebabkan oleh gangguan sekresi insulin dan atau gangguan kerja insulin. Sehingga tubuh tidak dapat memproduksi dan merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Inilah yang mengakibatkan kadar gula darah naik.

Meningkatnya kadar gula dalam tubuh ini menimbulkan terganggunya fungsi beberapa organ tubuh. Sehingga dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang. WHO sendiri memperkirakan jumlah kematian akibat diabetes ini akan meningkat dua kali lipat selama kurun waktu periode 2005-2030.

Tanda-Tanda Penyakit Diabetes Millitus

Ada beberapa tanda-tanda diabetes yang perlu Anda ketahui. Penyakit diabetes ini bukanlah penyakit yang tidak dapat dicegah dan diobati. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa penyakit ini adalah penyakit menular langsung maupun melalui garis keturunan.

Karena sejauh ini belum ditemukan kasus yang mana penyakit ini ditularkan melalui sentuhan fisik, transfusi darah, maupun hubungan seksual. Anda tidak perlu takut berinteraksi dengan penderita penyakit diabetes ini.

Karena pada dasarnya pemicu penyakit ini adalah berdasarkan dari serangan kuman bakteri maupun virus yang membawa penyakit. Timbulnya penyakit ini lebih desebabkan oleh gaya hidup penderita sebelum terkena diabetes.

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal dan harus dijaga. Adapun cara mengobati penyakit diabetes adalah meningkatkan pola hidup yang sehat, olahraga secara teratur agar tidak terjadi komplikasi yang berakibat fatal. Adapun tanda-tanda diabetes yang harus dideteksi sedari awal adalah sebagai berikut:

Sering Buang Air Kecil

Bagi tubuh normal hanya akan buang air kecil lima sampai delapan kali sehari. Akan tetapi berbeda dengan penderita diabetes yang mana seharusnya tubuh dapat menyerap glukosa yang masuk dalam ginjal akan tetapi karena tingginya kadar gula proses itupun tidak terjadi.

Mudah Lapar

Penderita diabetes akan sering merasa lapar. Hal ini disebabkan karena tubuh merubah makanan menjadi kadar gula dalam waktu yang sangat cepat sementara hormon insulin tidak dapat diproduksi.

Mati Rasa

Umumnya penderita diabetes akan sering merasakan mati rasa atau kesemutan baik pada tangan, kaki, jari jemari. Hal ini merupakan peringatan awal, signal bahwa kadar gula darah meningkat sehingga serabut saraf mengalami kerusakan.

Pemulihan Luka yang Lambat

Penderita diabetes akan lebih muda terkena luka sebab terjadi perubahan tekanan cairan dalam tubuh. Luka kecil bagi penderita diabetes adalah masalah yang besar dikarenakan gula darah yang tinggi menghambat aliran darah dalam tubuh. Akibatnya akan membuat syaraf terganggu dan ketika terjadi luka penyembuhannya lambat.

Penglihatan Mulai Kabur

Dikarenakan penderita diabetes sering buang air kecil maka akan mempengaruhi supplay cairan tubuh. Hal ini juga berdampak pada timbulnya perbedaan tekanan pada lensa mata. Lensa mata menjadi lebih bengkak dan tidak dapat menangkap gambar secara jelas sehingga benda yang terlihat akan tampak kabur.

Itulah tanda-tanda awal dari penyakit diabetes. Ketika kadar gula darah naik tentunya terdapat cara menurunkan gula darah salah satu kuncinya adalah dengan  olahraga, pengaturan berat badan, perencanaan pola makan yang tepat. Bukan berarti tidak bisa makan enak tapi pilihlah makanan yang sehat.

Penyakit itu ada beserta obatnya. Semua itu tergantung pribadi masing-masing, mau hidup sehat dan bahagia ya harus menerapkan pola hidup sehat. Demikian informasi yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan orang-orang sekitarnya.

Bagi pederita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar gula rendah seperti nasi jagung (ampok) sebagai makanan sehari-hari. Untuk mendapatkannya bisa menghubungi: 0823-3895-1126 (telp/wa).